JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 48 Pekanbaru

Fitria, Rizky (Unknown)
Dafit, Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SDN 48 Pekanbaru. Pembelajaran berbasis lingkungan sangatlah penting dilakukan, karena hal itu menjadi salah satu factor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan bentuk pretest posttest group design. Desain ini terdapat kelompok kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran berbasis lingkungan dan kelompok kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebanyak 15 butir pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji paired sample t test dengan menggunakan IBM SPSS Versi 24. Adapun hasil yang diperoleh penelitian ini yaitu pretest kelompok kelas eksperimen dengan rata-rata 63 dan kelompok kelas kontrol dengan rata-rata 58. Serta hasil posttest kelompok kelas eksperimen dengan rata-rata 81 dan kelompok kelas kontrol dengan rata-rata 73. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa signifikan yang diperoleh sebesar 0,000

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...