JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Minat Sebagai Mediator Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Menjadi Guru

Fauzi, Ahmad (Unknown)
Sadiah, Ati (Unknown)
Afriza, Edi Fitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Masalah penelitian ini mengenai kesiapan menjadi seorang guru yang seharusnya sudah dipupuk dan dibentuk sejak di perguruan tinggi yang nantinya untuk menempuh karir tenaga pendidik, dengan bakat dan minat dalam memilih jurusan kependidikan yang akan mempersiapkan mereka untuk bekerja sesuai dengan program studi yang mereka tekuni selama kuliah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh keterampilan mengajar dan self efficacy terhadap kesiapan menjadi guru melalui minat sebagai variabel intervening. Survei pada mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Diterapkan dan ditunjang dengan desain survei menggunakan pendekatan survei eksplanatory. Populasi Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 2019 berjumlah 821 orang. Dilakukan dengan menggunakan rumus slovin maka didapatkan sampel sejumlah 266 Responden dan menggunakan teknik probability sampling yakni simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan teknis analisis data menggunakan path analysis. Hasil penelitian bahwa keterampilan mengajar dan self efficacy berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru secara langsung maupun tidak langsung melalui minat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...