Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan penjualan produk setengah jadi atau produk jadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data biaya produksi dengan mengelompokkan berdasar perilakunya, analisis pemisahan biaya semivariabel dengan metode regresi kuadrat terkecil, menghitung titik impas dalam unit, menghitung laba diferensial menjual produk setengah jadi atau produk jadi. Berdasarkan hasil penelitian, laba yang diperoleh dari menjual produk jadi sebesar Rp.289.006.500 lebih besar dibandingkan dengan menjual produk setengah jadi sebesar Rp.245.476.500 sehingga menunjukkan selisih laba sebesar Rp.43.530.000. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa menjual produk jadi akan mendapatkan laba yang maksimal daripada menjual produk setengah jadi.
Copyrights © 2023