JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Analisis Persepsi Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Masyarakat Desa Pesisir di Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat

Dina, Farah (Unknown)
Lubis, Irsad (Unknown)
Israfia, Alfira (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2023

Abstract

Perkembangan literasi dan inklusi keuangan Indonesia secara umum mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, artinya terdapat peningkatan terhadap masyarakat yang well literate, yaitu kondisi dimana seseorang memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga keuangan, termasuk fitur, manfaat dan resiko, serta memiliki keterampilan dan perilaku yang benar dalam menggunakan produk dan layanan jasa keuangan. Namun disamping itu untuk wilayah pedesaan aksesibilitas lembaga keuangan belum merata, karena disebabkan oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan faktor apa saja yang mempengaruhi literasi keuangan dan inklusi keuangan masyarakat desa pesisir di Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Non-probability sampling dan di peroleh sampel sebanyak 35 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari hasil penyebaran angket (kuesioner) dan data sekunder yang bersumber dari Otoritas Jasa Keuangan. Penelitian ini menggunakan metode analisa faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa Faktor informasi berpengaruh dan signifikan terhadap aksesibilitas lembaga keuangan di desa pesisir Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat. Faktor Pendapatan dan Pendidikan tidak berpengaruh terhadap Aksesibilitas Lembaga Keuangan. Perkembangan Literasi dan Inklusi Keuangan di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan per tiga tahun nya, hanya saja tetap diperlukan cara yang lebih menarik agar menambah minat masyarakat terhadap Literasi maupun Inklusi Keuangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...