Kurangnya nilai-nilai karakter tanggung jawab pada diri siswa dimana sering terjadinya siswa melanggar peraturan sekolah maupun peraturan di kelas. Hal ini disebabkan belum adanya nilai-nilai karakter berbasis tanggung jawab pada siswa, sehingga terjadi selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologis yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengkaji tentang apa yang terjadi di SD Negeri 1 Bayung Lencir yang di teliti secara lebih mendalam. penanaman sikap tanggung jawab telah di integrasikan dalam pembelajaran melalui sebuah projek. Hasil dari penelitian ini adalah pada proses penanaman karakter tanggung jawab ini diawali dengan memberikan pemahaman mengenai implementasi nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang selanjutnya akan difokuskan pada bentuk nyata dari penerapan sila kedua yakni cinta lingkungan. Guru kelas 1 SD Negeri 1 Bayung Lencir mengaitkan materi pembelajaran ini dengan mengarahkan peserta didik untuk memiliki sikap tanggung jawab terhadap tanaman pribadi yang merek bawa kesekolah. Pembelajaran pancasila di kelas 1 SD Negeri 1 Bayung Lencir, peran keteladanan guru juga di tunjukkan selama proses belajar. Selama pembelajaran pendidikan pancasila ini guru mengarahkan peserta didik untuk selalu bertanggung jawab dengan penugasan yang diberikan.
Copyrights © 2023