JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Analisis Metode Read Aloud (Membaca Nyaring) Terhadap Pemrolehan Fonologi Anak Usia Dini: Kajian Psikolinguistik

Purba, Tasya Debora (Unknown)
Gustianingsih, Gustianingsih (Unknown)
Ritonga, Parlaungan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya metode read aloud sebagai sarana pemerolehan bahasa anak dengan aspek membaca dan menceritakan kembali isi dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan hasil analisis metode read aloud (membaca nyaring) terhadap perubahan bunyi dan pemerolehan bunyi vokal dan konsonan. Teori perubahan bunyi yang menggunakan teori Blumstein, sedangkan teori dalam pemerolehan bahasa adalah teori genetik kognitif Chomsky. Data dalam penelitian ini berupa data tulis yang bersumber dari lima dongeng dan data lisan bersumber dari bunyi ujaran anak-anak. Data akan dianalisis dengan menggunakan metode padan dengan teknik dasar teknik pilah unsur penetu yaitu daya pilah fonetis artikulatoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan bunyi yang sering terjadi dari 10 sampel penelitian yakni perubahan bunyi konsonan [r]?[l], [s]?[c], [r]?[y], [b]?[d], dan [j]?[c], sedangkan perubahan bunyi vokal yang sering terjadi adalah bunyi [i]?[e], [e]?[i], [u]?[o]. Bunyi vokal yang sudah diperoleh dengan sempurna yaitu bunyi vokal [a] dan [o].

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...