Siswa SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang kelas 9 Tunarungu yaitu AMT dan IPS memiliki kesulitan saat pembelajaran keterampilan yang mengakibatkan siswa tersebut sering kali bingung dan tidak paham akan langkah-langkah dalam membuat suatu kerajinan. Penelitian ini akan menggunakan media video tutorial berbahasa isyarat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membuat suatu produk keterampilan salah satu nya yaitu lampu hias yang terbuat dari benang wol. Penelitian ini menggunakan siklus I dan siklus II.. Dalam penelitian ini, tes, observasi, dan dokumentasi merupakan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian diperoleh dari informasi yang dikumpulkan sebelum melakukan penilaian kapasitas. awal dalam membuat lampu hias AMT memperoleh persentase(16%)dan IPS(22%). Pada siklus I persentase AMT meningkat (61%) IPS (58%). Siklus II peningkatan persentase hasil belajar AMT(100%) dan IPS(91%). Kami dapat menyimpulkan bahwa menggunakan video tutorial berbahasa isyarat efektif dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat lampu hias dari benang wol.
Copyrights © 2023