Perkembangan ekonomi yang semakin meningkat pesat di Indonesia saat ini mengakibatkan timbulnya persaingan dunia bisnis. Akibatnya, perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lain agar perusahaan tersebut bisa mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan meningkatkan nilai perusahaan dengan melakukan pengembangan untuk perluasan pasar. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan yang dimoderasi oleh Ukuran Perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sehingga didapatlah 15 perusahaan yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial, Leverage tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dari hasil uji moderasi, Ukuran Perusahaan tidak mampu memperkuat hubungan antara Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Dan Ukuran Perusahaan tidak mampu memperkuat hubungan antara Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan.
Copyrights © 2023