Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui origami pada anak Kelompok B TK Kijang Rejo.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B yang berjumlah 16 anak terdiri dari 10 perempuan dan 6 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% dari 16anak memiliki keterampilan motorik halus dengan kriteria baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak meningkat setelah adanya tindakan melalui melipat kertas. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase keterampilan motorik halus anak sebesar 26,07%. Pada Siklus I sebesar 49,00% dengan peningkatan 22,93%, Siklus IIsebesar 84,00% dengan peningkatan 61,07% dari siklus I, Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak Kelompok B dengan kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%. Langkah langkah yang ditempuh untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak adalah 1) guru menjelaskan cara melipat kertas dengan metode demonstrasi; 2) anak diberi penguatan dengan kata “setrika lipatan” yang sudah dibuat; 3) anak diberi reward berupa pujian; 4) penggunaan kertas lipat motif untuk menarik minat anak.
Copyrights © 2023