Penelitian ini bertujuan menganalisa proses pembelajaran guru dengan memperhatikan kapabilitasnya sebagai seorang pengajar dan perilaku siswa saat proses belajar sedang berlangsung. Selain itu, penelitian ini juga untuk memperoleh informasi terhadap proses belajar mengajar sebagai pengumpulan data untuk keperluan evaluasi pembelajaran. Sampel yang digunakan yakni siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan sebanyak 254 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif melalui analisa terhadap nilai hasil ulangan MID semester. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh langsung dari pengamatan lapanagn di sekolah dimana penelitian dilaksanakan. Teknik analisis data dengan Statistik Proses Kontrol berupa peta kendali x ? chart, R chart dan Proses Kapabilitas (Cpl). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum berjalan seperti yang telah direncanakan/diharapkan sehingga tidak dapat menghasilkan luaran berupa hasil belajar siswa yang sesuai dengan rencana. Sementara itu, untuk cara guru melakukan proses pembelajaran, menurut hasil observasi lapangan dinyatakan bahwa guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional yang tidak interaktif, sehingga perilaku siswa cenderung pasif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023