Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kuesioner angket sebagai alat pengumpulan data. Dengan sampel peserta didik kelas sembilan (IX) di SMPN 27 Kota Medan, dalam pengumpulan informasi kuisioner sebanyak 28 responden. Penelitian ini menggunakan 5 jenis pertanyaan dimana siswa akan dihadapkan pada 4 opsi yaitu Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS), Sangat Tidak Setuju (STS). Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa TikTok dapat memengaruhi generasi muda dalam menginternalisasi Nilai-Nilai Pancasila dengan memperoleh 21 responden yang setuju. Pengaruh yang diihasilkan TikTok sendiri yaitu lebih unggul pada pengaruh negatif dimana diperoleh data bahwa terdapat 19 responden yang setuju Bahwa TikTok lebih cenderung memperlemah pemahaman generasi muda tentang nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu TikTok memiliki pengaruh negatif yang unggul dalam mempengaruhi generasi muda di SMPN 27 Kota Medan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023