Teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini tengah berkembang pesat ialah internet. Sehingga muncul banyak cara untuk belanja baru, yaitu melalui media internet atau sosial media, membuat banyak perusahaan yang mulai mendirikan toko secara online. Oleh karena itu pelaku bisnis harus menentukan strategi pemasaran online yang dapat dilakukan salah satunya yaitu dengan iklan menggunakan celebrity endorser. Penelitian ini menggunakan kajian pendekatan kualitatif, kajian ini akan menggunakan purposive sampling untuk menentukan sumber mana yang akan ditanyakan. Pelaku UMKM yang berada di Pekanbaru yang menggunakan media social sebagai digital marketing sebagai sarana pemasaran produk untuk meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan studi literatur sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan. Selama wawancara, peneliti menggunakan interaksi tatap muka langsung untuk memperoleh informasi dari pelaku UMKM yang ada di Pekanbaru. Hasil penelitian tentang pengaruh celebrity endorsement dan minat beli konsumen dalam hal ini diketahui bahwa daya tarik celebrity dapat mempengaruhi konsumen sehingga mereka berminat untuk membeli produk tersebut. Faktor kepercayaan konsumen terhadap celebrity yang mendukung suatu produk berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan tidak mempengaruhi minat beli konsumen. Hal ini memperlihatkan bahwa konsumen akan memberikan kepercayaan kepada sebuah produk apabila celebrity yang mendukung sebuah produk mempunyai aspek kejujuran, komitmen serta mampu mengintegrasikan informasi yang disampaikan akan meningkatkan minat beli konsumen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023