JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Gaya Komunikasi Pemimpin terhadap Stress Pegawai

Pane, Muhammad Mulyadi (Unknown)
Dida, Susanne (Unknown)
Sjoraida, Diah Fatma (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Pemimpin adalah orang yang menentukan bagaimana menggerakkan unsur-unsur dalam organisasi untuk dapat mencapai hasil yang diinginkan. Gaya kepemimpinan merupakan salah satunya. Gaya yang digunakan merupakan cara komunikasi pemimpin dalam mengambil keputusan yang harapannya adalah mencapai hasil yang diinginkan. Para pemimpin memiliki cara kerja atau gaya komunikasinya masing-masing. Penerapannya pun dapat memicu berbagai reaksi dari bawahan, termasuk salah satunya adalah stres kerja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya kepemimpinan yang terdiri dari gaya otoriter, controlling, partisipatif dan kolaboratif terhadap stres kerja pegawai Badan Pusat Statistik di linkungan Provinsi Maluku. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menggambarkan sekitar 71,1 persen responden mengalami stres sedang, sisanya mengalami stres ringan dan juga stres berat. Persepsi pegawai pun beragam mengenai gaya komunikasi pemimpinnya, dimana terlihat bawah seluruh gaya kepemimpinan yang disebutkan oleh Likert digunakan oleh pemimpin. Namun dari hasil uji analisis regresi ternyata dari keempat gaya yang diterapkan hanya tiga gaya kepemimpinan yang berpengaruh terhadap stres kerja yaitu gaya otoriter, gaya partispatif, dan gaya kolaboratif. Semakin otoriter aka pegawai akan semakin stres sedangkan semakin kolaboratif atau partisipatif seorang pemimpin maka stres pegawai akan semakin rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...