Penciptaan karya akhir ini bertujuan untuk memvisualkan berbagai dampak yang ditimbulkan dari perkembangan era society 5.0 dalam menjalani aktifitas sehari-hari, baik itu dampak positif yang dirasakan oleh manusia maupun dampak negatif yang dihasilkan dari perkembangan era society 5.0 ini. Dampak-dampak yang dihasilkan bersal dari penggunaan teknologi yang semakin maju. Dalam penciptaan karya ini, ide dari penciptaan karya ini adalah visualisasi figur dan benda yang menggunakan atribut seperti kabel, metal, play button, serta menggunakan gaya cyberpunk. Dalam menciptakan karya ini ada beberapa tahapan di dalamnya yaitu: (1) Persiapan, (2) Elaborasi, (3) Sintesis, (4) Relasi Konsep, (5) Penyelesaian/finishing. Dengan terciptanya ide dan menggunakan metode yang telah dijabarkan, dampak dari perkembangan era society ini dapat divisualisasikan dalam bentuk 10 karya lukis yaitu : “(1) Pudar, (2) Alternatif, (3) Upgrade, (4) Downgrade, (5) Pola Pikir, (6) Bad Attitude, (7) New Society, (8) Kecerdasan Buatan, (9) Anti Sosial, (10) Betah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023