JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

The Correlation Between Students’ Self-Efficacy and Their English Speaking Performance at The First Grade of MAN 4 Agam

Azizah, Azizah (Unknown)
Syahrul, Syahrul (Unknown)
Eliza, Eliza (Unknown)
Kardena, Absharini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri siswa dan kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka di kelas satu MAN 4 AGAM. Ada permasalahan mendasar yang dihadapi oleh siswa dalam kemampuan berbicara seperti beberapa siswa khawatir dengan kemampuan berbicara mereka. Oleh karena itu, beberapa siswa masih kekurangan kosakata yang menyebabkan mereka tidak berbicara dengan lancar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional. Populasinya adalah 91 siswa. Penelitian ini menggunakan total sampling karena populasi penelitian kurang dari 100. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi nilai akhir penampilan berbicara bahasa Inggris siswa yang diperoleh dari guru bahasa Inggris. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan Koefisien Korelasi Pearson Product Moment (r) dan untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan rumus uji r dan hasilnya dikonsultasikan ke dalam r tabel dengan a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) sebesar 0,407. Artinya terdapat korelasi sedang antara efikasi diri siswa dan kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka, arah korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara kedua variabel. Dengan kata lain berdasarkan uji hipotesis diperoleh r-score sebesar 0,407 sedangkan r-tabel pada a = 0,05 adalah 0,206. Artinya nilai r lebih besar dari r tabel. Oleh karena itu, H? diterima dan H? ditolak, yang menyatakan ada korelasi yang signifikan antara efikasi diri dan kinerja berbicara bahasa Inggris siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...