Pembelajaran IPS di sekolah dasar merupakan mata pelajaran yang penting karena bertujuan meningkatkan kepekaan dalam kehidupan sosial peserta didik. Untuk mewujudkan tujuan itu, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang cocok, yaitu model pembelajaran project based learning. Kenyataan lapangan masih terdapat guru yang kurang dalam memahami model-model pembelajaran, sehingga hal ini menyebabkan guru kurang dalam penggunaan model pembelajaran yang variatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dampak positif dari penerapan model project based learning pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa studi pustaka pada 16 jurnal penelitian tentang penerapan model project based learning pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada pembelajaran IPS di sekolah dasar memberikan dampak positif diantaranya yaitu meningkatkan hasil belajar (56,3%), meningkatkan keaktifan belajar (25%), meningkatkan keterampilan abad 21 yaitu kemampuan berpikir kreatif (12,5%), dan meningkatkan keterampilan proses (6,3%).
Copyrights © 2023