JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Analisis Literatur Review Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Fitriani, Nurina Asri (Unknown)
Khaerunisa, Seilla Julya Marlita (Unknown)
Rustini, Tin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar merupakan mata pelajaran yang penting karena bertujuan meningkatkan kepekaan dalam kehidupan sosial peserta didik. Untuk mewujudkan tujuan itu, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang cocok, yaitu model pembelajaran project based learning. Kenyataan lapangan masih terdapat guru yang kurang dalam memahami model-model pembelajaran, sehingga hal ini menyebabkan guru kurang dalam penggunaan model pembelajaran yang variatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dampak positif dari penerapan model project based learning pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa studi pustaka pada 16 jurnal penelitian tentang penerapan model project based learning pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada pembelajaran IPS di sekolah dasar memberikan dampak positif diantaranya yaitu meningkatkan hasil belajar (56,3%), meningkatkan keaktifan belajar (25%), meningkatkan keterampilan abad 21 yaitu kemampuan berpikir kreatif (12,5%), dan meningkatkan keterampilan proses (6,3%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...