Usaha UMKM menunjukkan peran yang tidak dapat dipungkiri dalam aktivitas perekonomian nasional. Pada faktanya terdapat kelemahan pada usaha UMKM dalam kaitannya dengan implementasi digital marketing dan aplikasi mobile. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Penelitian ini dibantu oleh aplikasi web www.researchgate.net untuk menghimpun data yang relevan dan selanjutnya melakukan analisis konten (content analysis). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah paper jurnal yang relevan dengan topik aplikasi mobile dan UMKM nasional dalam rentang waktu tahun 2021-2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian UMKM telah mengimplementasikan sistem digital marketing dalam aktivitas operasionalnya, sementara sebagian UMKM lainnya masih beroperasi secara manual tradisional tanpa melibatkan teknologi informasi. Tantangan kedepan yang dihadapi adalah masalah peningkatan knowledge, awareness, dan kehati-hatian dari petugas operator guna menghindari kesalahan input data serta pengecekan sistem keamanan secara berkala. Kolaborasi pemerintah, akademisi, dan praktisi UMKM diharapkan dapat membantu menjawab tantangan tersebut.
Copyrights © 2023