Smartphone merupakan salah satu media teknologi yang mengalami perkembangan paling cepat. Dalam beberapa tahun terakhir, Smartphone telah membuat kemajuan yang cukup besar di semua aspek, terutama hardware. Dengan perkembangan teknologi yang tiada hentinya, konsumen harus mulai menetapkan standar pribadi. Brand personality berperan penting dalam brand positioning serta memegang peranan penting dalam atribut merek, karena konsumen mencari produk yang mencerminkan citra mereka sendiri. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana perbandingan brand personality Apple dan Samsung pada masyarakat Indonesia, melalui lima dimensi brand personality yaitu sincerity, excitement, competence, sophistication, ruggedness. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada 400 responden yang mengetahui atau menggunakan smartphone Samsung dan atau Apple di Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menjawab bagaimana brand personality Samsung dan Apple serta analisis komparatif untuk menjelaskan masing-masing brand personality Samsung dan Apple, dan teknik analisis yang digunakan adalah uji beda Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan brand personality pada kedua merek. Apple mengungguli Samsung pada seluruh dimensi brand personality. Perbedaan yang signifikan pada merek Samsung dan Apple terdapat pada dimensi competence. Dapat diartikan bahwa Apple memiliki kepribadian merek yang sesuai dengan karakteristik penggunanya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023