Setiap pembisnis harus memiliki strategi pemasaran. Umumnya peluang pemasaran terbaik datang dari permintaan primer sedangkan peluang pertumbuhan terbaik datang dari permintaan selektif. Contoh studi kasus pada Toko Acin Harian yang beralamatkan di Jl. Adi sucipto gg. Amal di belakang pasar pagi arengka pekanbaru. Toko Acin Harian merupakan sebuah toko sembako yang menjual berbagai macam barang kebutuhan pokok masyarakat.Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, yaitu menguraikan data yang dikumpulkan dan dianalisis. Subjek dari penelitian ini ada bada bagian analisis pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Yang akan menjadi objek penelitian ini adalah Toko Acin Harian. Berdasarkan pemaparan Strategi pemasaran Toko Acin Harian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : Analisis Lingkungan Internal Dalam analisis lingkungan internal ini Toko Acin Harian dalam segi promosi sudah baik namun masih kurang dalam promosi melalui media digital. Produk yang dijual juga bervariasi sehingga membuat konsumen yang berlanggan merasa cukup puas. Ketekunan membuka toko juga baik, tetapi dalam manajemen keuangan belum terlaksana dengan baik. Dan dalam pelayanan pelanggan masih perlu ditingkatkan.Analisis Lingkungan eksternal, Kondisi lingkungan eksternal yang mempengaruhi Toko Acin Harian adalah persaingan antar perdagangan sejenis dan potensi masuknya pesaing baru. Yang menyebabkan munculnya kelemahan yang diciptakan oleh pedagang yang sudah ada sehingga banyak yang melirik bisnis yang sama dan bersaing dalam segi pelayanan dan interaksi sosial dalam perebutan konsumen.
Copyrights © 2023