JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Tindak Tutur Dalam Siaran Iklan Radio Damai FM Pariaman

Bella Kartika (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang)
Emidar Emidar (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Studi ini menginvestigasi tindak tutur yang digunakan dalam siaran iklan radio Damai FM Pariaman. Tujuan utamanya adalah untuk menganalisis jenis-jenis tindak tutur yang dominan dalam pesan-pesan iklan radio yang disiarkan pada stasiun tersebut. Metode analisis konten digunakan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan tindak tutur yang muncul dalam berbagai iklan radio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan radio Damai FM Pariaman menggunakan beragam jenis tindak tutur. Tindak tutur ekspresif yang mengekspresikan perasaan positif dan kesan yang menggugah emosi ditemukan dalam iklan yang menargetkan audiens untuk merasakan suatu pengalaman atau sensasi tertentu. Selain itu, tindak tutur direktif yang mengarahkan pendengar untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau menggunakan layanan yang diiklankan, juga sering digunakan dalam iklan-iklan tersebut. Pemakaian tindak tutur dalam iklan radio menjadi penting karena mampu memengaruhi perilaku dan respons pendengar. Melalui analisis tindak tutur, penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana pesan-pesan dalam iklan radio Damai FM Pariaman dibangun dan ditujukan untuk memengaruhi pendengar. Implikasi dari temuan ini memberikan wawasan penting bagi praktisi pemasaran dan periklanan dalam merencanakan strategi komunikasi yang lebih efektif dan persuasif dalam iklan radio.Top of FormTop of Form

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...