Persaingan sangat terasa di masa covid-19 hingga semester II tahun 2021. Pendapatan pelaku UMKM yang mulai menurun sehingga urgensi penggunaan teknologi disebabkan diharuskannya aktivitas pembelian jarak jauh atau tidak langsung dan juga lebih disarankan menggunakan uang elektronik untuk mengurangi penularan virus. Sehingga munculnya pasar e-commerce telah menciptakan peluang pasar yang luas bagi pelaku UMKM dan penyedia jasa logistik untuk dapat meningkatkan kepuasan pembelian dan penjualan serta dapat memfasilitasi kemampuan penyedia jasa logistik dalam mengelola lebih banyak kegiatan jual beli. Hal inilah yang membuat kami sebagai peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh e-commerce dan penyedia jasa logistik terhadap pendapatan pelaku UMKM yang telah menggunakan e-commerce di wilayah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM pengguna e-commerce selama masa covid-19.
Copyrights © 2023