JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Efektivitas Prilaku Organisasi dalam Pelaksanaan Kebijakan Sistem Zonasi Pada Penerimaan Peserta Didik Baru

Nenden Nadya Rizky Mashrul (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Gesti Meriani (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

PPDB (Proses Penerimaan Peserta Didik Baru) adalah tindakan yang dijalankan oleh lembaga pendidikan, seperti sekolah, dengan maksud untuk melakukan seleksi calon peserta didik yang ingin mendaftar di lembaga tersebut. Pemerintah mengimplementasikan program Pemerataan Pendidikan sebagai usaha utama untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Salah satu aspek utama dari program ini adalah Sistem PPDB Zonasi. Zonasi adalah metode penerimaan peserta didik baru yang berbasis pada lokasi geografis tempat tinggal calon peserta didik. Sistem zonasi adalah contoh nyata yang memberikan peluang yang sama kepada semua anak di Indonesia, tanpa memandang kemampuan akademik mereka. Saat ini, Sistem Zonasi diciptakan dengan tujuan untuk mendorong peningkatan pendidikan dan mendukung sekolah-sekolah umum yang mulai tumbuh di masyarakat. Kehadiran sistem zonasi ini memastikan bahwa semua sekolah memiliki kualitas yang setara, dan tidak ada sekolah yang diistimewakan. Karena perkembangan ini tidak dapat diprediksi, dapat menyebabkan masalah baik bagi lembaga pendidikan maupun masyarakat umum, seperti penilaian yang rendah terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana efektivitas dari kebijakan zonasi yang telah ada dan diterapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...