Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan 1-20 melalui kegiatan bermain menggunakan media kartu angka untuk anak usia 5-6 tahun di TK Al Furqan kota Batam. Menurut Thurstone (Yuliani dkk, 2009) yang mengemukakan bahwa kognitif merupakan penjelmaan dari kemampuan berbahasa, mengingat, menalar, memahami ruang, bilangan, menggunakan kata-kata dan mengamati sesuatu dengan cepat dan cermat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam lima kali pertemuan. Penelitian terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan pengumpulan data dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Al Furqan Batam, yang terdiri dari delapan anak laki-laki dan tujuh anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus satu dan siklus dua terdapat peningkatan. anak didik yang berkembang sangat baik dari 0 (0%) menjadi 7 (35%), berkembang sesuai harapan dari 6 (30%) menjadi 11 (55%). mulai berkembang 7 (35%), Menjadi 2 (10%) sedangkan peserta didik yang belum berkembang dari 7 (35%), menjadi 0 (5%). Sehingga dapat diambil kesimpulan penelitian ini bermain dengan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan angka
Copyrights © 2024