JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Urutan Bilangan 1-20 Melalui Kegiatan Bermain Menggunakan Media Kartu Angka untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Furqan Kota Batam

Masni, Pera Jumiati (Unknown)
Puspita, Mira (Unknown)
Pujiati, Lusia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan 1-20 melalui kegiatan bermain menggunakan media kartu angka untuk anak usia 5-6 tahun di TK Al Furqan kota Batam. Menurut Thurstone (Yuliani dkk, 2009) yang mengemukakan bahwa kognitif merupakan penjelmaan dari kemampuan berbahasa, mengingat, menalar, memahami ruang, bilangan, menggunakan kata-kata dan mengamati sesuatu dengan cepat dan cermat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam lima kali pertemuan. Penelitian terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan pengumpulan data dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Al Furqan Batam, yang terdiri dari delapan anak laki-laki dan tujuh anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus satu dan siklus dua terdapat peningkatan. anak didik yang berkembang sangat baik dari 0 (0%) menjadi 7 (35%), berkembang sesuai harapan dari 6 (30%) menjadi 11 (55%). mulai berkembang 7 (35%), Menjadi 2 (10%) sedangkan peserta didik yang belum berkembang dari 7 (35%), menjadi 0 (5%). Sehingga dapat diambil kesimpulan penelitian ini bermain dengan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan angka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...