JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Peran Wali Kelas terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Kristen Barana

Umbas, Ajeng Prajayanti (Unknown)
Sihotang, Hotmaulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Wali kelas tentunya memainkan peran penting dalam mengelola kelas, membimbing siswa secara akademis dan sosial, memantau perkembangan, memberikan motivasi dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Sekolah berasrama memiliki tantangan yang berbeda dengan sekolah yang tidak berasrama terkhusus pada peran wali kelasnya. Melalui studi analisis peran wali kelas terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMA Kristen Barana diharapkan para wali kelas mampu mengemban tugas dan tanggung jawabnya yang berdampak positif bagi peserta didiknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif holistic dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi yang mengambil subjek kepada seluruh wali kelas X dan pesera didik kelas X. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa peran wali kelas terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMA Kristen Barana’ sudah sangat maksimal dengan program kegiatan yang diciptakan juga melibatkan wali kelas dan peserta didik dengan harapan wali kelas mampu meluangkan waktunya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...