JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dalam Meronce Pola Melalui Berbagai Media di Kelompok B1 TK Mushthofawiyah

Nurhayati , Nurhayati (Unknown)
Purba, Maria Dewi Prihatini (Unknown)
Listiawati, Listiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak dalam meronce pola melalui berbagai media. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui kemampuan fisik motorik halus anak dalam meronce pola melalui berbagai media. Sumber data penelitian ini adalah anak-anak kelompok B1 TK Mushthofawiyah dengan jumlah siswa 15 orang,yang terdiri dari 8 orang anaklaki-laki, 7 orang perempuan.Waktu penelitian dilaksanakan selama dua bulan dengen metode deskrifsi melalui jenis penelitian kualitatif yang di laksanakan dalam 4 tahapan yaitu: 1. Perencanaan 2.Tindakan 3.Pengamatan 4.Refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus , yaitu bulan September dan oktober, siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 16 -20 September dan siklus dua tanggal 07-11 Oktober 2020.Metode pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas anak selama proses pembelajaran, dokumentasi berupa foto selama pembelajaran dan pengamatan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran. Berdasarkan lembaran observasi tahap pra tindakan dalam meronce anak masih banyak yang mendapat bintang 1 ( BB ) sejumlah 6 anak pada siklus 1 dan pada siklus 2 jumlah anak yang mendapat bintang 1 (BB) sudah tidak ada lagi . Dari nilai data siklus ke2 menunjukkan adanya peningkatan pada anak kelompok B1 TK Mushtofawiyah. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media yang bervariasi dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar anak dalam kemampuan motorik halus ,terutama pada kegiatan meronce.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...