JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Urgensi Pelaksanaan Field Trip dalam Pembelajaran Kenampakan Alam Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar

Alifia Mutsla Fakhruddin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dina Amaria Sembiring (Universitas Pendidikan Indonesia)
Raisa Ayu Luthfia (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPS di SD akan lebih baik juga didukung oleh teori belajar konstrukrivis di mana peserta didik membangun sendiri pengetahuannya. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan metode field trip atau karyawisata contohnya pada materi kenampakan alam, sehingga peserta didik dapat mengamati secara langsung apa yang dilihat. Dalam pelaksanaan field trip tentu banyak yang harus disiapkan agar pembelajaran tetap berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui urgensi dari diadakannya field trip untuk pembelajaran IPS materi Kenampakan Alam di SD. Metode field trip membantu siswa mendapatkan gambaran konkrit tentang objek yang sedang dipelajari. Namun, Metode pembelajaran tidak ada yang sempurna setiap metode selalu memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi Aktivitas guru dalam mengelola kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...