Pelaksanaan pembelajaran IPS di SD akan lebih baik juga didukung oleh teori belajar konstrukrivis di mana peserta didik membangun sendiri pengetahuannya. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan metode field trip atau karyawisata contohnya pada materi kenampakan alam, sehingga peserta didik dapat mengamati secara langsung apa yang dilihat. Dalam pelaksanaan field trip tentu banyak yang harus disiapkan agar pembelajaran tetap berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui urgensi dari diadakannya field trip untuk pembelajaran IPS materi Kenampakan Alam di SD. Metode field trip membantu siswa mendapatkan gambaran konkrit tentang objek yang sedang dipelajari. Namun, Metode pembelajaran tidak ada yang sempurna setiap metode selalu memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi Aktivitas guru dalam mengelola kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024