JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di TK Santa Theresia I, Pangkalpinang

Pujiati, Lusia (Unknown)
Puspita, Mira (Unknown)
Jumiati, Pera (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Rendahnya Kemampuan bahasa disebabkan karena dalam proses pembelajaran anak kurang percaya diri dan anak tidak bisa melakukan kegiatan yang menarik dalam belajar yang bisa menumbuh kembangkan kepercayaan dirinya sendiri, anak cendrung pasif dan kurang kreatif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan Kegiatan Menceritakan Kembali isi Cerita dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa anak melalui kegiatan menceritakan kembali isi cerita pada anak usia 4-5 tahun di TK Santa Theresia I, Pangkalpinang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan salah satu cara yang strategis bagi pendidik untuk meningkatkan dan memperbaiki layanan pendidikan dalam konteks pembelajaran di kelas. Hasil penelitian yang dilakukan dua siklus yaitu sebelum dilakukan tindakan tingkat kemampuan bahasa anak dalam kegiatan menceritakan kembali isi cerita anak yaitu anak yang Belum Berkembang (44%) yang Mulai Berkembang (38%) Berkembang Sesuai Harapan (18%) dan yang Berkembang Sangat Baik hanya (5,5%). Setelah siklus I pertemuan 1 anak yang Belum Berkembang (25%) yang Mulai Berkembang (30%) Berkembang Sesuai Harapan (16%) dan yang Berkembang Sangat Baik hanya (8%). siklus I pertemuan 2 anak yang Belum Berkembang (22%) yang Mulai Berkembang (44%) Berkembang Sesuai Harapan (22%) dan yang Berkembang Sangat Baik hanya (11%). Siklus II pertemuan 3 siklus anak yang Belum Berkembang (11%) yang Mulai Berkembang (36%) Berkembang Sesuai Harapan (38%) dan yang Berkembang Sangat Baik hanya (13%). Siklus II Pertemuan ke 4 anak yang Belum Berkembang (8%) yang Mulai Berkembang (16%) Berkembang Sesuai Harapan (55%) dan yang Berkembang Sangat Baik hanya (16%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...