Kurikulum Merdeka Belajar sudah mulai diimplementasikan pemerintah sejak tahun 2022. Kurikulum Merdeka Belajar memiliki tujuan guna menyederhanakan kurikulum sebelumnya yang dinilai rumit dan kurang memenuhi capaian kompetensi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru Ekonomi di SMA Negeri Kampar terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang mana dalam penelitian ini menggunakan google form. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Ekonomi SMA Negeri Kabupaten Kampar dengan sampel acak menggunakan teknik sampel G-Power. Teknik analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Kampar terhadap Kurikulum Merdeka Belajar dari segi pengetahuan sudah baik dengan rata-rata 3,80. Sementara itu persepsi guru dari segi keyakinan juga sudah baik dengan nilai rata-rata 3,84. Pada Implementasi Pembelajaran pun sudah berjalan dengan baik dengan nilai rata-rata 3,91.
Copyrights © 2024