JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Persepsi Guru Ekonomi di SMA Negeri di Kabupaten Kampar terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Novianti, Silvia (Unknown)
Ahman, Eeng (Unknown)
Disman, Disman (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar sudah mulai diimplementasikan pemerintah sejak tahun 2022. Kurikulum Merdeka Belajar memiliki tujuan guna menyederhanakan kurikulum sebelumnya yang dinilai rumit dan kurang memenuhi capaian kompetensi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru Ekonomi di SMA Negeri Kampar terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang mana dalam penelitian ini menggunakan google form. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Ekonomi SMA Negeri Kabupaten Kampar dengan sampel acak menggunakan teknik sampel G-Power. Teknik analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Kampar terhadap Kurikulum Merdeka Belajar dari segi pengetahuan sudah baik dengan rata-rata 3,80. Sementara itu persepsi guru dari segi keyakinan juga sudah baik dengan nilai rata-rata 3,84. Pada Implementasi Pembelajaran pun sudah berjalan dengan baik dengan nilai rata-rata 3,91.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...