JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 060870 Medan Timur

Hidayat, Fahmi (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD materi kecepatan dan debit di SDN 060870 Medan Timur T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Model yang digunakan adalah quasi experiment dengan Control Group Pre-test dan Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 060870 Medan Timur dengan 2 kelas berjumlah 32 orang/kelas, dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VA dengan jumlah siswa 25 orang (kelas eksperimen) dan kelas VB 25 orang (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning adalah 81,20 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan model Inquiry Learning adalah 76,20. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learning dan model Inquiry Learning pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN 060870 Medan Timur T.A 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...