Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD materi kecepatan dan debit di SDN 060870 Medan Timur T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Model yang digunakan adalah quasi experiment dengan Control Group Pre-test dan Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 060870 Medan Timur dengan 2 kelas berjumlah 32 orang/kelas, dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VA dengan jumlah siswa 25 orang (kelas eksperimen) dan kelas VB 25 orang (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning adalah 81,20 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan model Inquiry Learning adalah 76,20. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learning dan model Inquiry Learning pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN 060870 Medan Timur T.A 2022/2023.
Copyrights © 2024