JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Problematika Penerapan Wahdatul Ulum di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Padang , Azizah Lolo Banta (Unknown)
Daulay , Afrahul Fadhilah (Unknown)
Siahaan , Muhammad Iqbal Ardian Toni (Unknown)
Priska , Priska (Unknown)
Wulan, Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Wahdatul ulum adalah visi, konsep dan paradigma keilmuan yang memiliki kesatuan atau eksistensi dari semua cabang komunitas ilmiah ilmu yang benar-benar bersumber dari ALLAH SWT. berbeda dengan filsafat ilmu yang lebih menekankan pendekatan reduksionis, konsep Wahdatul Ulum lebih menekankan penyatuan.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana penelitian kualitatif sebagai metode ilmiah sering digunakan dan dilaksanakan oleh sekolompok peneliti.Hasil penelitian menjelaskan bahwa Wahdatul Ulum di universitas islam negeri sumatera utara ini tidak diterapkan sepenuhnya padahal ilmu yang di pelajari di dalam kelas harus adanya nilai nilai keislaman ataupun integrasi keilmuan sehingga Wahdatul Ulum bisa berkembang dan yang menjadi Problematika lainnya ialah ketika wahdatul ulum ini di masukkan ke dalam kurikulum para dosen mengajarkan Wahdatul Ulum ini dengan penafsiran atau keahlian masing masing Atau dengan kompetensinya masing-masing yang ada pada prodinya.Sehingga Wahdatul Ulum ini tidak diterapkan sepenuhnya padahal ilmu yang di pelajari di dalam kelas harus adanya nilai nilai keislaman ataupun integrasi keilmuan sehingga Wahdatul Ulum bisa berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...