Persoalan banyaknya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berupa produk kue jajanan tradisional yang berkembang dan bersaing untuk menarik konsumen serta belum adanya visual kemasan sebagai identitas produk yang mengangkat budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonsepkan visual melalui perancangan kemasan yang memiliki identitas produk serta sebagai promosi UMKM Kue Jajanan Tradisional Khas Kemayoran Jakarta. Metodelogi penelitian kuantitatif dengan mendeskripsikan data dilapangan menggunakan teknik pengumpulan data terhadap Studi kasus UMKM Kue jajanan tradisional dengan pemilik Ibu Pupung di Kemayoran Jakarta. Hasil penelitian berupa desain kemasan dengan kemasan yang mengangkat visual berciri khas daerah tempat UMKM berada yaitu di daerah Kemayoran Jakarta dengan lengkap komposisi pelebelan pada kemasan produk sebagai promosi produk UMKM Kue Jajanan Tradisional Khas Kemayoran Jakarta melalui UMKM Ibu Pupung di daerah Kemayoran Jakarta. Kesimpulan yang dihasilkan kelengkapan sebuah pelebelan yang ada pada desain kemasan dapat menjadikan identitas secara visual lewat kemasan dan sebagai promosi yang dapat menjadi daya tarik bagi konsumen.
Copyrights © 2024