JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Metode Rad pada Perancangan Aplikasi Reservasi Auditorium Kampus IV UINSU Tuntungan Berbasis Mobile

Alda, Muhamad (Unknown)
Yuanda, Ary Santri (Unknown)
Fasih, Faisal Al (Unknown)
Pradika, Ade Risky (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, pemanfaatan aplikasi mobile telah menjadi bagian integral dalam menyederhanakan berbagai aktivitas, termasuk pengelolaan dan pemesanan fasilitas kampus. Auditorium, sebagai fasilitas krusial untuk kegiatan akademis, memerlukan pengaturan yang efisien. penelitian ini mengusulkan pengembangan Aplikasi Reservasi Auditorium berbasis mobile di Kampus IV UIN Sumatera Utara dengan menerapkan Metode Rapid Application Development (RAD). Metode RAD melibatkan tahapan perencanaan kebutuhan, desain pengguna, pembangunan aplikasi, dan peralihan. Pada tahap perencanaan kebutuhan, analisis dilakukan untuk memahami kebutuhan pengguna dan admin. Desain pengguna mencakup pembuatan alur proses, use case diagram, dan rancangan database. Proses pembangunan aplikasi dilakukan dengan memanfaatkan framework React Native serta Firebase sebagai basis data. Terakhir, tahap peralihan melibatkan pengujian aplikasi menggunakan metode black box testing. Sebagai hasil akhir, Aplikasi Reservasi Auditorium berbasis mobile ini memungkinkan pengguna, termasuk mahasiswa dan dosen, untuk dengan mudah melakukan reservasi auditorium. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pencarian auditorium, detail auditorium, dan fasilitas chat antara pengguna dan admin. Pengujian aplikasi menunjukkan bahwa fungsi-fungsi utama berjalan dengan baik, menjamin kehandalan dan keamanan dalam proses reservasi auditorium. Diharapkan Aplikasi Reservasi Auditorium dapat signifikan meningkatkan efisiensi dan keterjangkauan dalam proses reservasi auditorium di Kampus IV UIN Sumatera Utara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...