Tujuan dari kajian ini untuk mengumpulkan informasi tentang Langkah-langkah pengembangan kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan kurikulum Merdeka. Kajian ini juga mengeksplorasi persamaan dan kesesuaian kedua tahap perkembangan tersebut dengan prinsip teknologi Pendidikan dan penerapan kurikulum Merdeka dalam pembelajaran abad 21 saat ini. Metodologi yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif kualitatif data diperoleh memalui kajian literatur dari beberapa penelitian terdahulu dan kebijakan pemerintah. Hasil kajian ini menyarankan langkah-langkah percepatan pengembangan kurikulum merdeka untuk diterapkan pada satuan pendidikan dengan penggunaan platform merdeka mengajar dan pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan tinjauan pustaka, dapat disimpulkan bahwa terdapat kesinambungan antara kurikulum KKNI dengan kurikulum Merdeka, terdapat persamaan dan kesesuaian sejalan dengan prinsip teknologi Pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024