Siswa yang memiliki kemandirian yang baik akan memiliki dampak pada pengembangan kreativitas memecahkan suatu permasalahan dan memberikan solusi yang tepat dalam permasalahan yang dihadapi. Sehingga seiring berjalannya waktu, tuntutan kemandirian pada siswa berkontribusi pada peningkatan tingkat berpikir mereka. Kreativitas siswa tidak dapat terbentuk dengan sendirinya, dibutuhkan peran seorang guru dan satuan pendidikan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paradigma karakteristik kurikulum merdeka dalam pembentukan kreativitas siswa, membantu guru dalam mengembangkan kreativitasnya kepada siswa dan satuan pendidikan yang kreatif. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan melihat tinjauan pustaka dari berbagai sumber yang telah didapat kemudian ditarik kesimpulan secara analitis. Hasil penelitian berupa gambaran tentang perilaku yang dapat mempengaruhi kreativitas siswa dan sikap pendidik yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran dalam penerapan kurikulum merdeka di satuan pendidikan.
Copyrights © 2024