JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Paradigma Karakteristik Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Kreativitas Siswa

Deliana, Deliana (Unknown)
Susanti, Heni (Unknown)
Putri, Marta Desi (Unknown)
Jalinus, Nizwardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Siswa yang memiliki kemandirian yang baik akan memiliki dampak pada pengembangan kreativitas memecahkan suatu permasalahan dan memberikan solusi yang tepat dalam permasalahan yang dihadapi. Sehingga seiring berjalannya waktu, tuntutan kemandirian pada siswa berkontribusi pada peningkatan tingkat berpikir mereka. Kreativitas siswa tidak dapat terbentuk dengan sendirinya, dibutuhkan peran seorang guru dan satuan pendidikan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paradigma karakteristik kurikulum merdeka dalam pembentukan kreativitas siswa, membantu guru dalam mengembangkan kreativitasnya kepada siswa dan satuan pendidikan yang kreatif. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan melihat tinjauan pustaka dari berbagai sumber yang telah didapat kemudian ditarik kesimpulan secara analitis. Hasil penelitian berupa gambaran tentang perilaku yang dapat mempengaruhi kreativitas siswa dan sikap pendidik yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran dalam penerapan kurikulum merdeka di satuan pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...