Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Picture and Picture terhadap keterampilan berbicara siswa tema organ gerak hewan dan manusia kelas V SDN 091617 Serbelawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dan sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN 091617 Serbelawan berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes lisan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pada Pretest menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas V SDN 091617 berjumlah 30 siswa yaitu 57,5. Hasil nilai rata-rata siswa menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa di kelas V masih rendah. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menerapkan model Picture and Picture, yang setelah dilakukan Posttest memperoleh nilai rata-rata 76,5 dengan nilai kriteria ketuntasan minimum sebesar 70. Pada pengujian One Sample t Test dengan nilai Posttest thitung>ttabel (16,74573506 > 2,045229642) maka kesimpulan yang diambil adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Picture and Picture berhasil memberikan peningkatan keterampilan berbicara siswa tema organ gerak hewan dan manusia kelas V SDN 091617 Serbelawan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024