JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 018453 Siumbut-Umbut

Hasibuan, Annisa Azzahra (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 2 Subtema 1 SDN 018453 Siumbut-umbut T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experiment. Desain penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN 018453 Siumbut-umbut. Sampel dari penelitian ini ialah kelas IVA dan IVB berjumlah 44 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa analisis uji Independent Sample T-Test terhadap posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 sedangkan taraf signifikan ? = 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 018453 Siumbut- umbut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...