Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak tutur direktif guru di kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi, strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi, dan tindak tutur direktif yang dominan digunakan oleh guru di kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sendiri. Data penelitian ini dikumpulkan melalui Teknik simak bebas libat cakap (SBLC), rekam, dan catat. Peneliti hanya merekam saat proses pembelajaran untuk mendapatkan data tuturan direktif yang digunakan guru dalam pembelaj aran. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, ditemukan bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru bahasa Indonesia dalam proses belajar di kelas X SMA Negri 3 Bukittinggi yaitu, tindak tutur direktif bertanya, menyuruh, memohon, menyarankan, menuntut, dan menantang. Kedua, Strategi bertutur yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas X SMA Negeri Bukittinggi yaitu, bertutur terus terang tanpa basa-basi, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, bertutur samar-samar, dan bertutur dalam hati.
Copyrights © 2024