Kecerdasan financial anak dapat ditingkatkan sejak usia dini. Hal ini di karenakan banyaknya anak yang tumbuh dengan pribadi konsumtif dan materialistis ketika menjelang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan finansial siswa Taman Kanak-Kanak Roudhotul Athfal Ponorogo. Hal ini dikarenakan pemahaman mengenai kecerdasan finansial di usia taman kanak-kanak masih sangat rendah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai wahana untuk meningkatkan kecerdasan finansial siswa. Untuk meningkatkan kecerdasan financial anak harus di lakukan sesuai dengan usianya agar pengetahuan tersebut mampu diserap dengan baik oleh anak. Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan media gerak dan lagu untuk menyampaikan pesan kecerdasan finansial anak. Media ini dipilih karena menarik dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah anak kelompok B Taman Kanak-kanak Roudhotul Athfal Ponorogo yang terdiri dari 26 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu analisis data yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan finansial siswa dapat ditingkatkan melalui media gerak dan lagu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024