JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Tindak Tutur Direktif Pedagang dan Pembeli di Pasar Pepedan Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Muzayanah Muzayanah (Universitas Pancasakti Tegal)
Leli Triana (Universitas Pancasakti Tegal)
Syamsul Anwar (Universitas Pancasakti)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif antara pedagang dan pembeli di pasar Pepedan Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Responden yang terlibat berjumlah tujuh orang pedagang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam kajian ini dilakukan melalui observasi, teknik simak, dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan dengan teknik pragmatis, dan teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal yang berupa kata-kata biasa. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat enam bentuk tindak tutur pada pedagang dan pembeli di pasar Pepedan Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Berdasarkan 32 data yang diperoleh diketahui bahwa bentuk tindak tutur direktif yang terdiri atas (1) bentuk permintaan, (2) bentuk pertanyaan, (3) bentuk permintaan maaf (4) bentuk prohibitives, (5) bentuk perintah, (6) bentuk nasihat. Terdiri atas delapan fungsi yaitu (1) fungsi meminta, (2) fungsi memohon, (3) fungsi bertanya, (4) fungsi melarang, (5) fungsi membolehkan, (6) fungsi ajakan, (7) fungsi memerintah, dan (8) fungsi menyarankan. Hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X semester 1 pada materi kesantunan bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...