JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Kesulitan Belajar dan Faktor Mempengaruhi Kesulitan Belajar di Sekolah Dasar

Akmal, Akmal (Unknown)
Fitriani, Wahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan belajar pada anak dengan berbagai faktor yang menjadi penyebab dari anak yang kesulitan dalam belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka atau studi pustaka, dari buku dan artikel jurnal. Hasil penelitian ditemukan tentang interperasi dari kesulitan belajar sebagai gangguan yang beragam baik gangguan dalam menyimak, membaca, menulis maupun membaca yang disebabkan oleh berbagai faktor berupa internal maupun eksternal. Kesulitan belajar terbagi menjadi dua kategori besar yaitu kesulitan belajar berkaitan dengan perkembangan dan akademik. Faktor kesulitan belajar pada anak yaitu faktor terganggunya fungsi otak, faktor hereditas, faktor lingkungan & nutrisi. Sedangkan, jika dilihat dari fenomena kesulitan belajar berdasar proses pembelajaran maka faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor internal yang datang dari dalam diri anak atau peserta didik. Faktor eksternal yang berkaitan dengan kondisi dari luar anak atau peserta didik. Dalam mengendalikan kesulitan belajar perlu dilakukan dengan penanganan yang menyeluruh dan penanganan dapat dilakukan pada bidang medis serta pendidikan. Berbagai tokoh hebat yang mengalami kesulitan dalam belajar salah satunya adalah Albert Einstein.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...