Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menceritakan kembali isi teks biografi, hal ini dikarenakan rendahnya minat dan kurangnya rasa percaya diri siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil menceritakan kembali teks biografi melalui model pembelajaran cooperative think talk write. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari kegiatan pembelajaran menceritakan kembali teks biografi menggunakan model pembelajaran cooperative think talk write. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik penelitian deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Prosedur pelaksanaan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, pengukuran, dan refleksi. Rancangan penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas. Perencanaan pada siklus 1 sudah baik dengan presentase 76 % sedangkan perencanaan pada siklus 2 dengan presentase 80 %. Pada pelaksanaan siklus 1 presentase yang di capai sebesar 69, 62%. Pelaksanaan siklus 2 sebesar 75, 55 % mengalami peningkatan presentase capaian sebesar 5, 93%. Hasil Penelitian Tindakan Kelas pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 68,64 % dengan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 44,12 %, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata mencapai 75,93% dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 76,47 %. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan menceritakan kembali teks biografi menggunakan model pembelajaran cooperativethink talk writeberdampak positif. Disarankan kepada guru khususnya guru Bahasa Indonesia untuk menggunakan model pembelajaran cooperative think talk write agar dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis siswa khususnya pada materi teks biografi.
Copyrights © 2024