JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Peningkatan Literasi Bencana Melalui Gerakan Literasi Sekolah Pada Siswa SMA Negeri 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar

Saputra, Nickola (Unknown)
Ahyuni, Ahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Studi ini, siswa di SMA Negeri 1 Sungai Tarab di Kabupaten Tanah Datar akan diminta untuk mempertimbangkan bagaimana gerakan literasi sekolah mempengaruhi tingkat literasi bencana mereka. Studi ini memakai pendekatan kuantitatif. Populasi yakni seluruh siswa kelas XI. Dalam penelitian ini, purposive sampling teknik yang dipakai. Sebanyak 53 siswa dipilih sebagai sampel penelitian dari total 145 individu dalam populasi. Sebagai alat untuk mengumpulkan data, kuesioner diberikan. Penelitian ini menggunakan skala Likert. Sebagian besar siswa meningkatkan literasi bencana mereka, menurut temuan penelitian. Hal ini didasari oleh pengetahuan baru yang diperoleh siswa sebagai hasil dari materi, kuis, dan simulasi yang diberikan. Hasilnya, semua peningkatan yang diamati dari berbagai sudut pandang menunjukkan bahwa materi, kuis, dan simulasi yang diberikan dapat membantu siswa menjadi lebih mahir dalam literasi bencana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...