JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Kemampuan Menggambar Bentuk terhadap Kemampuan Melukis Flora pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan

Indah Angraini Harahap (Universitas Negeri Medan)
Sugito Sugito (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan dan seberapa besarkah pengaruh dari Kemampuan menggambar bentuk terhadap melukis flora bunga melati pada siswa kelas delapan SMP Muhammadiyah 1 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experimental research). Penelitian ini melibatkan kelompok kelas kontrol (menggambar bentuk) dan kelompok eksperimen (melukis flora). Dari hasil penelitian diperoleh kenaikan yang signifikan dari hasil postest dibandingkan dengan hasil pretest, dengan rata-rata nilai melukis flora sebesar 83 dan kemampuan menggambar bentuk 78. Uji hipotesis (uji t) maka diperoleh nilai hitung Thitung = 0.675. sedangkan Ttabel dk (30+30) ? 30 = 30 dan signifikansi ? (0.05) adalah 1.697. Adapun kriteria penerimaan dan penolakan yaitu jika hasil Thitung > Ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak (ada pengaruh). Dan dapat ditarik kesimpulan Thitung > Ttabel dengan nilai 0.675 > 1.697, Ha diterima sedangkan Ho di tolak. Maka dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan dari kemampuan melukis flora dengan kemampuan menggambar bentuk pada siswa kelas VIII C SMP Swasta Muhammadiyah 1 Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...