Indonesian Journal of Islamic Business and Economics (IJIBE)
Vol 5 No 2 (2023): IJIBE

Comparison of Factors that Influence Customer Loyalty in Sharia and Conventional Banks

Julina, Julina (Unknown)
Al Sukri, Saipul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah pada bank syariah dan konvensional. Variabel bebas yang diteliti adalah reputasi bank dan nilai pelanggan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan untuk nasabah bank syariah, namun untuk nasabah bank konvensional pengaruh reputasi perusahaan terhadap loyalitas nasabah ditemukan positif tetapi tidak signifikan. Selanjutnya, nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah baik pada nasabah bank syariah maupun konvensional. Kontribusi reputasi perusahaan dan nilai pelanggan pada bank konvensional menunjukkan persentase yang lebih tinggi dibandingkan pada bank syariah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijibe

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Islamic Business and Economics is journal organized by Faculty of Economics and Business, Universitas Jenderal Soedirman. This journal focuses and and scopes are 1. Islamic Finance 2. Zakat Management 3. Shariah Based Human Resources 4. Islamic Based Strategic Management 5. Islamic ...