JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Papan Akar Pangkat Tiga terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 018453 Siumbut-Umbut

Humaira, Azra (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menguji efek penerapan metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan menggunakan papan akar pangkat tiga terhadap pencapaian hasil belajar matematika di kelas V SDN 01853 Siumbut-Umbut T.A 2023/2024. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan metode kuantitatif. Desain penelitian quasi-experimental dilakukan melalui uji awal dan uji akhir pada dua kelas, yakni kelas kontrol dan eksperimen di SDN 018453 Siumbut-Umbut. Rata-rata nilai pretest pada kelas kontrol adalah 51,00, sedangkan pada post test mencapai 54,00. Di sisi lain, kelas eksperimen mencatat rata-rata nilai pretest sebesar 53,75 dan posttest sebesar 83,75. Jumlah populasi dalam penelitian ini 49 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Sampel yang diambil melibatkan seluruh siswa dari kelas VA (25 siswa) dan kelas VB (24 siswa). Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dengan t hitung (11,197) > t tabel (2,011) pada tingkat signifikansi ? = 0,05. Data tersebut memberikan bukti bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan oleh media papan akar pangkat tiga terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN 018453 Siumbut-Umbut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...