JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Optimism terhadap Career Adaptability dan Self Efficacy yang Dimoderasi oleh Program Kampus Merdeka (Magang Bersertifikat)

Suranto, Angie Shanika Karien Pramudita (Unknown)
Rojuaniah, Rojuaniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Career adaptability menjadi faktor penting bagi mahasiswa yang akan memasuki dunia karir. Kemampuan ini menciptakan perencanaan karir dan tanggung jawab terhadap keputusan karir. Mahasiswa perlu menjalani berbagai pelatihan dan pengembangan diri untuk melewati masa transisi dari dunia pendidikan ke profesional. Kerjasama antara universitas, pemerintah, dan perusahaan sangat dibutuhkan. Penelitian kausal dan kuantitatif ini bertujuan mengeksplorasi pengaruh optimism terhadap self efficacy dan career adaptability, dengan moderasi program kampus merdeka (magang bersertifikat). Sampel 125 mahasiswa di perguruan tinggi swasta DKI Jakarta yang mengikuti program tersebut. Hasil analisis data menggunakan metode structural equation modelling partial least square (SEM PLS) menunjukkan optimism tidak berpengaruh langsung pada career adaptability, tapi berpengaruh positif pada self efficacy. Self efficacy tidak mempengaruhi career adaptability, sementara program kampus merdeka memiliki pengaruh positif pada career adaptability. Studi ini menyarankan agar universitas, pemerintah, dan perusahaan lebih efektif dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi perubahan dan tantangan karir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...