JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Operasional Bisnis Franchise Minuman Coklat Studi Kasus Passion of Chocolate

Sudirman Sudirman (Universitas Negeri Padang)
Muhammad Giatman (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi operasional bisnis pada Franchise minuman coklat dengan menekankan pada identifikasi aspek-aspek operasional yang memerlukan peningkatan. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini bersifat sekunder, yaitu data yang diperoleh dari sumber seperti buku, jurnal ilmiah, atau pencarian online melalui internet. Metode penelitian melibatkan analisis studi kasus pada beberapa outlet Franchise minuman coklat yang mencakup proses produksi, manajemen stok, pelayanan pelanggan, dan strategi pemasaran. Hasil dari analisis tersebut menyoroti keberhasilan sekaligus kegagalan dalam operasional bisnis tersebut. Beberapa kegagalan mencakup kurangnya efisiensi dalam rantai pasok, ketidakmampuan dalam manajemen stok yang optimal, serta kesalahan dalam strategi pemasaran yang tidak menghasilkan dampak positif. Faktor-faktor ini memberikan dampak negatif terhadap kinerja operasional dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. Dengan pemahaman mendalam terhadap kegagalan tersebut, penelitian ini memberikan dasar untuk memberikan rekomendasi perbaikan yang diperlukan. Rekomendasi tersebut mencakup perbaikan proses, peningkatan manajemen stok, pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif, dan penerapan inovasi teknologi. Harapannya, melalui implementasi perbaikan ini, Franchise minuman coklat dapat mengatasi kegagalan operasional, meningkatkan efisiensi, dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...