JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Kinerja Guru dengan Kompetensi Guru Sebagai Variabel Intervening (Studi pada SMP Islam Syifaul Qulub Gresik)

Nabilah, Tsinta Alfi Nuriyah (Unknown)
Murtianingsih, Murtianingsih (Unknown)
Dura, Justita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh pemanfaatan TIK terhadap kinerja guru, Pengaruh pemanfaatan TIK terhadap Kompetensi Guru, Pengaruh Kompetensi Guru terhadap kinerja guru, dan Pengaruh pemanfaatan TIK terhadap kinerja guru melalui kompetensi guru sebagai variabel intervening. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Jumlah sampel sebanyak 11 responden yaitu seluruh guru di SMP Islam Syifaul Qulub Gresik antara Bulan November 2023–Januari 2024. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan bantuan SEM PLS 3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, pemanfaatan TIK berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru, kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kompetensi guru mampu menjadi variabel intervening secara parsial terhadap pengaruh pemanfaatan TIK dengan kinerja guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...