JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Harau

Angger, M (Unknown)
R, Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Pembelajaran menulis teks yang dipelajari di SMP Negeri 1 Harau di dasarkan pada kurikulum Merdeka. Salah satu teks yang dipelajari dalam kurikulum merdeka tersebut ialah teks fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan keterampilan membaca pemahaman teks fantasi terhadap keterampilan menulis teks fantasi dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat mengungkapkan penyebab atau kendala mengapa siswa sulit dalam menulis teks fantasi sehingga siswa dapat meningkatkan keterampilan dalam menulis teks fantasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan rancangan (desain) penelitian korelasional. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan keterampilan membaca pemahaman memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Harau dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai rhitung (7,69) lebih besar daripada rtabel (1,68), dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa rhiung lebih besar daripada rtabel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...