Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Peningkatan Aktifitas Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan di Kelas VI SD Negeri Pandeglang. Penerapan model Jigsaw pada muatan pelajaran Materi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan di Kelas VI SD Negeri Pandeglang dapat dikategorikan baik, terbukti dari peningkatan nilai hasil observasi aktivitas guru yang pada hanya mencapai 72,52, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90,32. Begitu juga dengan nilai hasil observasi peserta didik yang pada pra siklus sebesar 34% dan meningkat menjadi 57% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 100%. Serta dapat disimpulkan bahwa guru dan peserta didik mampu menerapkan model pembelajaran Jigsaw dengan baik. Hasil yang diperoleh pembelajaran 1 tema 2 sub tema 1 persatuan dalam perbedaan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini dapat diketahui dari hasil peningkatan jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM yang telah ditentukan.
Copyrights © 2024