JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Peningkatan Aktifitas Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Jigsaw

Cahyaneu, Tri Septi (Unknown)
Bachtiar, Hardika (Unknown)
Septiani, Ajeng Tri (Unknown)
Surani, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Peningkatan Aktifitas Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan di Kelas VI SD Negeri Pandeglang. Penerapan model Jigsaw pada muatan pelajaran Materi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan di Kelas VI SD Negeri Pandeglang dapat dikategorikan baik, terbukti dari peningkatan nilai hasil observasi aktivitas guru yang pada hanya mencapai 72,52, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90,32. Begitu juga dengan nilai hasil observasi peserta didik yang pada pra siklus sebesar 34% dan meningkat menjadi 57% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 100%. Serta dapat disimpulkan bahwa guru dan peserta didik mampu menerapkan model pembelajaran Jigsaw dengan baik. Hasil yang diperoleh pembelajaran 1 tema 2 sub tema 1 persatuan dalam perbedaan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini dapat diketahui dari hasil peningkatan jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM yang telah ditentukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...